ANALISIS IKLAN DI TELEVISI
ANALISIS IKLAN WARDAH DAN IKLAN TRESEMME
Iklan Wardah
Wardah merupakan kosmetik yang aman
digunakan karena semua produk kosmetik Wardah sudah dikaji oleh LPPOM-MUI
(Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia)
sehingga produk kosmetik Wardah memiliki sertifikat halal. Dengan adanya iklan
kosmetik Wardah di televisi, wanita dapat memilih kosmetik yang dibutuhkan
dalam mempercantik diri. Kosmetik Wardah memiliki tiga prinsip yaitu: Pure and
Safe (produk Wardah mengandung bahan baku yang aman dan halal diciptakan untuk
kenyamanan dan ketenangan wanita yang menggunakannya), Beauty Expert (kosmetik
Wardah ditujukan untuk dapat dinikmati untuk kalangan luas), dan Inspiring
Beauty (Wardah selalu meyakini kecantikan yang menginspirasi, karena bagi
wanita, kosmetika tidak hanya untuk tubuh tetapi juga untuk jiwa dan menjadi
lebih cantik dapat dilakukan oleh siapapun).Prinsip kecantikan yang dimiliki
kosmetik Wardah dikenalkan oleh perusahaan melalui iklan.
Dalam iklan yang ditampilkan Wardah di
televisi, saya menilai bahwa Wardah mencoba memberikan gambaran produk dengan
pesan yang mudah dipahamai dan mudah diingat oleh pendengarnya. Ditinjau dari harganya
Wardah lebih membidik kalangan menengah ke atas karena produknya yang
berkualitas dengan sasarannya wanita remaja hingga dewasa. Pengguna produk
Wardah ini tidak perlu merasa was-was kerana sudah terjamin kehalalannya.
Iklan kosmetik Wardah di televise
memberikan persepsi yang baik pada masyarakat. Iklan mampu mempengaruhi
persepsi, pola pikir, dan sikap konsumen terhadap suatu produk atau merek
tertentu yang pada akhirnya menyebabkan munculnya tindakan pembelian. Proses
keputusan konsumen didasarkan pada analisisis respons konsumen terhadap pesan
komunikasi pemasaran. Persepsi konsumen pada iklan mempengaruhi brand image
yang positif pada suatu produk, dengan itu konsumen dapat mempertimbangkan
merek tersebut dalam melakukan keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan semakin
baik penilaian pada iklan maka semakin tinggi keputusan pembelian. Iklan produk
kosmetik Wardah sudah dapat diterima baik dibenak responden. Secara keseluruhan
dapat disimpulkan bahwa persepsi iklan khususnya melalui media televisi
memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah.
Iklan TRESemmé
TRESemmé adalah produk perawatan
rambut yang lebih di khususkan kepada seseorang yang memiliki masalah rambut
yang sulit diatur. Tresemme menghadirkan perawatan rambut berupa Keratin Smooth
yang bisa membuat rambut lebih lembut dan halus. TRESemmé yang merupakan merek baru di
Indonesia yang menggunakan iklan televisi sebagai media promosi. TRESemme telah
meraih kesadaran merek benak konsumen, tetapi jika dilihat dari kualitasnya belum
mencapai top of mind sebagai merek perawatan rambut profesional dunia. Hal ini
dikarenakan konsumen masih lebih percaya dengan merk sampo lain yang lebih dulu
dikenal konsumen.
Konsumen akan cenderung lebih memilih merek-merek
yang telah mereka kenal daripada merek lain yang belum dikenal. Merek yang
sudah dikenal memiliki kesadaran merek yang tinggi di benak konsumen. Merek
dengan kesadaran yang tinggi mempunyai peluang yang lebih untuk dipilih.
Peluang yang tinggi akan dimungkinkan terjadi suatu keputusan pembelian. Sehingga
dapat dikatakan bahwa TRESemme masih belum dikenal oleh banyak orang dan konsumen
lebih percaya terhadap merk yang sudah mereka gunakan sebelumnya.
Berdasarkan analisis dua iklan
tersebut dapat dilakukan perbandingan bahwa iklan Wardah lebih mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen, hal ini dikarenakan Wardah merupakan produk yang
sudah banyak dikenal oleh konsumen dibandingkan dengan produk TRESemme. Iklan televisi
akan membangun kesadaran merek seseorang terhadap produk. Semakin baik iklan
televisi, maka semakin baik pula usaha untuk membangun kesadaran merek di benak
konsumen. Iklan televisi memengaruhi keputusan pembelian konsumen, tetapi tidak
memberikan pengaruh yang cukup berarti. Banyak faktor lain yang memengaruhi
keputusan pembelian. Kesadaran merek
mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Hal tersebut berarti kesadaran merek dapat membantu terciptanya keputusan
pembelian. Semakin baik Iklan televisi dapat membantu membangun merek dikenal
oleh konsumen, maka semakin besar potensi merek tersebut dipilih oleh konsumen.
Komentar
Posting Komentar