ANALISIS IKLAN DI TELEVISI


ANALISIS IKLAN WARDAH DAN IKLAN TRESEMME

Iklan Wardah
Wardah merupakan kosmetik yang aman digunakan karena semua produk kosmetik Wardah sudah dikaji oleh LPPOM-MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia) sehingga produk kosmetik Wardah memiliki sertifikat halal. Dengan adanya iklan kosmetik Wardah di televisi, wanita dapat memilih kosmetik yang dibutuhkan dalam mempercantik diri. Kosmetik Wardah memiliki tiga prinsip yaitu: Pure and Safe (produk Wardah mengandung bahan baku yang aman dan halal diciptakan untuk kenyamanan dan ketenangan wanita yang menggunakannya), Beauty Expert (kosmetik Wardah ditujukan untuk dapat dinikmati untuk kalangan luas), dan Inspiring Beauty (Wardah selalu meyakini kecantikan yang menginspirasi, karena bagi wanita, kosmetika tidak hanya untuk tubuh tetapi juga untuk jiwa dan menjadi lebih cantik dapat dilakukan oleh siapapun).Prinsip kecantikan yang dimiliki kosmetik Wardah dikenalkan oleh perusahaan melalui iklan.
Dalam iklan yang ditampilkan Wardah di televisi, saya menilai bahwa Wardah mencoba memberikan gambaran produk dengan pesan yang mudah dipahamai dan mudah diingat oleh pendengarnya. Ditinjau dari harganya Wardah lebih membidik kalangan menengah ke atas karena produknya yang berkualitas dengan sasarannya wanita remaja hingga dewasa. Pengguna produk Wardah ini tidak perlu merasa was-was kerana sudah terjamin kehalalannya.
Iklan kosmetik Wardah di televise memberikan persepsi yang baik pada masyarakat. Iklan mampu mempengaruhi persepsi, pola pikir, dan sikap konsumen terhadap suatu produk atau merek tertentu yang pada akhirnya menyebabkan munculnya tindakan pembelian. Proses keputusan konsumen didasarkan pada analisisis respons konsumen terhadap pesan komunikasi pemasaran. Persepsi konsumen pada iklan mempengaruhi brand image yang positif pada suatu produk, dengan itu konsumen dapat mempertimbangkan merek tersebut dalam melakukan keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan semakin baik penilaian pada iklan maka semakin tinggi keputusan pembelian. Iklan produk kosmetik Wardah sudah dapat diterima baik dibenak responden. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa persepsi iklan khususnya melalui media televisi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. 

Iklan TRESemmé
TRESemmé adalah produk perawatan rambut yang lebih di khususkan kepada seseorang yang memiliki masalah rambut yang sulit diatur. Tresemme menghadirkan perawatan rambut berupa Keratin Smooth yang bisa membuat rambut lebih lembut dan halus.  TRESemmé yang merupakan merek baru di Indonesia yang menggunakan iklan televisi sebagai media promosi. TRESemme telah meraih kesadaran merek benak konsumen, tetapi jika dilihat dari kualitasnya belum mencapai top of mind sebagai merek perawatan rambut profesional dunia. Hal ini dikarenakan konsumen masih lebih percaya dengan merk sampo lain yang lebih dulu dikenal konsumen.
Konsumen akan cenderung lebih memilih merek-merek yang telah mereka kenal daripada merek lain yang belum dikenal. Merek yang sudah dikenal memiliki kesadaran merek yang tinggi di benak konsumen. Merek dengan kesadaran yang tinggi mempunyai peluang yang lebih untuk dipilih. Peluang yang tinggi akan dimungkinkan terjadi suatu keputusan pembelian. Sehingga dapat dikatakan bahwa TRESemme masih belum dikenal oleh banyak orang dan konsumen lebih percaya terhadap merk yang sudah mereka gunakan sebelumnya.
Berdasarkan analisis dua iklan tersebut dapat dilakukan perbandingan bahwa iklan Wardah lebih mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, hal ini dikarenakan Wardah merupakan produk yang sudah banyak dikenal oleh konsumen dibandingkan dengan produk TRESemme. Iklan televisi akan membangun kesadaran merek seseorang terhadap produk. Semakin baik iklan televisi, maka semakin baik pula usaha untuk membangun kesadaran merek di benak konsumen. Iklan televisi memengaruhi keputusan pembelian konsumen, tetapi tidak memberikan pengaruh yang cukup berarti. Banyak faktor lain yang memengaruhi keputusan pembelian.  Kesadaran merek mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut berarti kesadaran merek dapat membantu terciptanya keputusan pembelian. Semakin baik Iklan televisi dapat membantu membangun merek dikenal oleh konsumen, maka semakin besar potensi merek tersebut dipilih oleh konsumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTOR KEBUDAYAAN: (i) BUDAYA, SUB BUDAYA (ii) KELAS SOSIAL

KASUS TENTANG SENGKETA HAKI PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN DI JAWA TIMUR

FAKTOR SOSIAL PERILAKU KONSUMEN (Kelompok Referensi dan Pengaruh Keluarga)