Kecerdasan Wirausaha

Setiap orang tentu ingin menjadi seorang pengusaha sukses. Seseorang yang digambarkan sebagai sosok yang cerdas, mapan, stabil dan siap membuat kagum setiap orang dengan kesuksesan yang diukirnya. Tahukah Anda, sosok pengusaha ini dapat Anda temukan dimana saja. Anda bahkan bisa melihat sosok calon pengusaha di diri Anda, sahabat atau saudara ketika Anda bisa membaca karakteristik kecerdasan yang mereka miliki. Memang benar tidak ada manusia yang sempurna. Pun dengan sosok pengusaha ini. Mereka juga kerap memiliki banyak kekurangan dan seringkali membuat kesalahan bodoh. Namun, meski demikian, umumnya banyak wiraswastawan sukses memiliki beberapa ciri khas yang sama terkait dengan jenis kecerdasan yang mereka miliki. Kecerdasan ini lah yang menuntun mereka menjadi seorang pengusaha yang memiliki mental tangguh dan semangat terus maju sehingga di waktu yang tepat mereka dapat meraih kesuksesan. 1. Kecerdasan Berbahasa Kecerdasan berbahasa sangatlah penting. Seorang individu yang memiliki kecerdasan berbahasa akan memiliki kemampuan untuk menyampaikan gagasan/ ide dan informasi dengan baik. Ia dapat menggunakan rangkaian bahasa yang tidak harus formal dan tidak harus terstruktur, tapi dapat diterima oleh orang lain dan diserap dengan baik. Individu ini dikenal memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan, serta dapat membaca situasi. Dengan kecerdasan berbahasa, seseorang akan menjadi sosok pemimpin yang dapat mengatur anak buahnya dengan baik dengan modal bahasa leadership yang berwibawa. Jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha, maka miliki kecerdasan berbahasa. Ini akan menjadi penting bagi Anda agar dapat memimpin tim secara ideal, mempresentasikan ide Anda dengan baik pada klien dan investor dan tentunya membuat perencanaan bisnis yang matang 2. Kecerdasan intrapersonal Seorang pengusaha harus memiliki kontrol diri yang baik. Ia harus dapat mengenali dan memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan mampu menggunakan seluruh kekuatannya untuk memotivasi diri sendiri. Nah, tipe kecerdasan seperti ini lah yang disebut dengan kecerdasan Intra-Personal. Dengan kemampuan seperti ini, maka seorang pengusaha dapat membuat perencanaan dan strategi bisnis jangka pendek dan panjang serta tenang dan mantap dalam mengambil keputusan. 3. Kecerdasan Inter-Personal Kecerdasan Inter-Personal menciptakan seorang pengusaha yangg memiliki interaksi yang aktif dan efektif dengan bawahan dan orang- orang di sekitarnya. Ia memiliki kemampuan dalam mengontrol emosi, memiliki empati dan toleransi yang sangat baik terhadap orang lain, memiliki kemampuan bernegosiasi, motivasi yang baik dan dapat bekerja sama dengan nyaman dengan siapa pun 4. Kecerdasan kinestetik Kecerdasan kinestetik ialah kemampuan yang dapat memanipulasi benda dan menggunakan sejumlah ketrampilan fisik. Kecerdasan ini juga melibatkan kepekaan penentuan waktu dan kesempurnaan ketrampilan antara kesatuan tubuh dan pikiran. Para penemu dan orang-orang yang memberikan produk atau jasa mekanis memerlukan kecerdasan kinestetik ini. Jadi, untuk menciptakan produk atau jasa baru untuk konsumen, seorang entrepreneur juga memerlukan kecerdasan kinestik ini. Ia harus merancang dari nol, mengubah purwarupa yang telah ada, memperbaikinya dari waktu ke waktu. 5. Kecerdasan matematis Memiliki kecerdasan matematis artinya seorang pengusaha memiliki kemampuan yang baik dalam hal yang berhubungan dengan perhitungan angka, analisa dan berpikir logis. Kemampuan ini dapat membantu seorang pengusaha dalam menganalisa permasalahan, dan kemudian mencari solusi dan melalukan perbaikan spesifik. Dengan kecerdasan ini juga seorang pengusaha dapat mengelola financial perusahaan dengan baik sehingga neraca keuangan perusahaan stabil dan seimbang sehingga dapat memaksimalkan keuntungan.. 6. Kecerdasan naturalis Kecerdasan naturalis ini mengatur kemampuan manusia untuk membedakan makhluk hidup dan kepekaan terhadap fitur-fitur lain dari dunia nyata. Entrepreneur yang baik menggunakan kecerdasan naturalis untuk membedakan kebutuhan pelanggannya dan memilih produk/ jasa yang paling sesuai dan menguntungkan dalam sebuah pasar tertentu. Memang menjadi pengusaha memang tidak semudah yang terlihat. Ketika seseorang sudah berhasil menjadi seorang pengusaha, khususnya bila memulai dari bawah, maka sudah cukup banyak yang telah melatihnya dan menjadikannya seseorang yang Anda kenal saat ini. Bukan sekedar pendidikan formal atau keberuntungan, tapi benar- benar sebuah perjalanan yang menakjubkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTOR KEBUDAYAAN: (i) BUDAYA, SUB BUDAYA (ii) KELAS SOSIAL

KASUS TENTANG SENGKETA HAKI PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN DI JAWA TIMUR

FAKTOR SOSIAL PERILAKU KONSUMEN (Kelompok Referensi dan Pengaruh Keluarga)